Pertemuan Keuangan Wikimedia 2012

Pertemuan Keuangan Wikimedia 2012 adalah sebuah pertemuan internasional tentang penggalangan dana dan pendistribusian dana antara Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation) dan Asosiasi Lokal Wikimedia yang bertempat di Paris, Perancis.

Pertemuan tiga hari yang diadakan pada 17-19 Februari 2012 dihadiri oleh tiga staf Yayasan Wikimedia, lima dari sembilan Dewan Pengawas Wikimedia, dan 19 Asosiasi lokal (chapters) Wikimedia. [1] Hadir sebagai perwakilan dari Wikimedia Indonesia adalah Ketua Umum, Siska Doviana[2].

Daftar isi

[sembunyikan]

Latar belakang

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia ki-ka: Arne Klempert, Phoebe Ayers, Matt Halprin, Jan-Baart de Vreede, dan Stu West

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia ki-ka: Arne Klempert, Phoebe Ayers, Matt Halprin, Jan-Baart de Vreede, dan Stu West

Pengaturan ruang pertemuan Pertemuan Keuangan Wikimedia 2012 di Novotel Bercy, Paris, Perancis

Pengaturan ruang pertemuan Pertemuan Keuangan Wikimedia 2012 di Novotel Bercy, Paris, Perancis

Sebastian Moleski Presiden Wikimedia Jerman menerangkan tentang konsep Dewan Asosiasi Lokal (Chapter's Council) yang mengatur diri sendiri (self govern)

Sebastian Moleski Presiden Wikimedia Jerman menerangkan tentang konsep Dewan Asosiasi Lokal (Chapter’s Council) yang mengatur diri sendiri (self govern)

Pertemuan keuangan antara Yayasan Wikimedia (Wikimedia Foundation (WMF)) dan Asosiasi Lokal Wikimedia berawal dari perdebatan selama kurang lebih satu tahun (pertengahan 2010- akhir 2011) mengenai apakah penggalangan dana seharusnya dilakukan terpusat oleh WMF atau dapat dilakukan juga oleh Asosiasi Lokal Wikimedia Independen yang terdesentralisasi.[3]. Sebagai gambaran WMF pusat mendapatkan total 20 juta dolar dalam penggalangan dana di tahun 2011 [4], dari jumlah ini sejumlah 5,4 juta dolar [5] berasal dari Jerman dimana penggalangan dana dilakukan oleh Wikimedia Jerman (WMDE – Asosiasi Lokal Jerman); 1 juta poundsterling dari Inggris melalui Wikimedia UK [5]; 1,3 juta dolar dari Perancis melalui Wikimedia France [5], serta 500 ribu dolar dari Swiss melalui Wikimedia CH [5]. Seluruh organisasi-organisasi yang disebut sebagai payment processing chapter (Asosiasi Lokal Wikimedia yang dapat memproses pembayaran sumbangan) memiliki kemampuan pemotongan pajak dalam negeri untuk sumbangan pada organisasi nirlaba. Sementara Australia dengan sumbangan dana yang tahun lalu (2010) mencapai sebanyak 300 ribu dolar[5] diproses oleh asosiasi lokalnya, Wikimedia AU – ditahun 2011 tidak lagi dapat memproses pembayaran dari negaranya dengan total sumbangan 1 juta dolar[5] yang langsung diproses dan diterima di Amerika Serikat. Sementara sumbangan dari Amerika senilai 14 juta dolar dipusatkan oleh Wikimedia Foundation dan tidak didesentralisasikan berdasarkan negara bagian walaupun telah ada asosiasi lokal Wikimedia yang berada di New York (WMUS-NYC) dan Washington D.C (WMUS-DC).

Secara tradisional asosiasi-asosiasi lokal ini mengirimkan separuh dari apa yang mereka terima pada Yayasan Wikimedia dan menyimpan separuh untuk digunakan mendukung proyek-proyek yang dinaungi dibawah Wikimedia di negaranya masing-masing. Namun seiring berlipat gandanya penerimaan dari sumbangan publik pada Wikimedia (sepuluh kali lipat sejak 2008-2012[4]), Yayasan Wikimedia berpikir bahwa organisasi-organisasi ini terlalu kecil/ terlalu muda untuk dapat menangani sumbangan sebanyak itu dan tidak sesuai dengan keperluannya. Ada juga beberapa kejadian dimana dana yang digalang secara lokal tidak dapat ditransfer keluar dari negara tersebut – dimana dalam kasus ini adalah ke San Fransisco, Amerika Serikat.

Argumentasi untuk sentralisasi oleh Sue Gardner dan staf WMF lainnya [6] [7] adalah dana terpusat di Amerika Serikat dimana negara-negara lain lalu “meminta” melalui sistem hibah berapa yang mereka butuhkan pada yayasan – ditentang oleh beberapa pihak karena 1) tidak sejalan dengan identitas asosiasi lokal yang independen dimana dana sebaiknya digalang dan diterima secara tidak terikat – sementara hibah dengan banyak syarat menjadi sangat mengikat. Namun WMF beragumen bahwa hal ini perlu untuk pertanggungjawaban dana (akuntabilitas) terhadap donor; 2) WMIT: hibah yang menjadi ketergantungan organisasi lokal dapat secara legal berdampak pada dicabutnya status sumbangan mendapatkan potongan pajak dari negara pada organisasi tersebut (tax deductible status) karena dianggap organisasi itu hadir mendukung entitas asing (tidak independen).

Keluhan-keluhan ini ditambah pengalaman Wikimedia Indonesia; meminta hibahnya saja sudah cukup memalukan karena sebagai organisasi seharusnya WMID mampu membiayai proyeknya sendiri, ditambah lagi bahwa staf WMF menerapkan suka/ tidak suka (like and dislike) tidak berdasarkan rekam jejak keberhasilan proyek namun pada orang yang memintanya. Staf WMF walaupun menempelkan istilah “global” pada judul kerjanya – dalam mengabulkan hibah memiliki opini tentang bagaimana suatu proyek harus berjalan sementara perspektif mereka terkunci menggunakan “cara Amerika Serikat” yang tidak dapat dijalankan secara lokal. Sulit untuk Wikimedia Indonesia dengan rekam jejak menjalankan proyek dengan baik meminta hibah pada orang-orang yang tidak berpengalaman yang menerapkan sistem berbelit-belit. Menurut hemat saya tidak sesuai dengan upaya sukarelawan dengan waktu yang terbatas.

Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia kemudian mempublikasikan surat melalui salah satu anggotanya yaitu Ting Chen dan mengutarakan apa yang diinginkan oleh Dewan Pengawas dalam menggunakan dana yang didapatkan dari sumbangan ke Wikimedia.[8]. Isi surat ini kemudian diutarakan oleh anggota Dewan Pengawas lainnya, yaitu, Stu West melalui kelompok surel (milis) di Foundation-I dan blognya yang memancing banyak komentar yang bernada marah.[9]

Hari pertama

Pembacaan surat keputusan dari Dewan Pengawas Yayasan Wikimedia.

Pada hari pertama Christoph sebagai penyelenggara acara menyampaikan bahwa fasilitator awal yang mendesain pertemuan tidak dapat hadir karena sakit, namun pertemuan tetap akan berjalan berdasarkan desain fasilitator tersebut. Untuk mencegah letupan-letupan pertanyaan emosional dan debat kusir maka peserta dikelompokkan secara bergilir menggunakan topik topik seperti resolusi konflik yang pasif, dimana masalah dibahas secara konsep bukan realitas. Kemudian lima dari sembilan anggota Dewan Pengawas Wikimedia Foundation yang hadir mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan posisi mereka dan menjawab pertanyaan yang ditulis diatas kartu pertanyaan. Tidak ada pertanyaan yang diperbolehkan ditanya secara langsung (verbal) hanya tulisan. Pertanyaan pun dipilih oleh moderator, tidak semua pertanyaan dijawab. Pertanyaan diajukan secara kelompok, bukan individu.

Hari kedua

Pernyataan sikap dan rekomendasi oleh Dewan Eksekutif Yayasan Wikimedia

Disini Sue Gardner berbicara tentang rekomendasi yang ia berikan pada Dewan Pengawas, mengapa seharusnya penggalangan dana tersentral dan asosiasi lokal meminta melalui hibah dan seterusnya. [10]

Hari ketiga

Chapter’s Council (Dewan Pusat Asosiasi Lokal)

Sebastian Moleski dari Wikimedia Jerman memimpin sesi tentang Chapter’s Council [11] (Dewan Pusat Asosiasi Lokal) yang telah dibicarakan sejak malam sebelumnya, berdasarkan diskusi beberapa hari yang lalu tampak jelas bahwa uang sumbangan akan dipusatkan pada organisasi yang bernama FDC (Fund Dissemination Commitee), karena itu Sebastian ingin agar para asosiasi lokal tidak hanya sumbang saran namun ikut menentukan penyaluran dana dalam satu unit terpadu yaitu Chapter’s Council. Diskusi ini membahas tentang pembentukannya dan idealisme dibelakangnya.

Sidebar