Pengertian Indikator Dalam Penelitian Ilmiah

Pengertian Indikator Dalam Penelitian Ilmiah

Saat menyusun suatu proposal atau laporan penelitian ilmiah entah itu berupa skripsi, tesis atau pun disertasi, kata ‘indikator’ ini sering muncul. Lalu apakah pengertian indikator itu? Karena bila sedang mengerjakan proposal penelitian banyak yang masih suka bingung dalam membuat daftar indikator.

Pengertian Indikator Dalam Penelitian Ilmiah

Untuk itu, saat menyusun proposal dan laporan penelitian ilmiah, kita perlu memahami pengertian indikator terlebih dahulu. Hal ini karena penelitian membutuhkan indikator-indikator variabel yang jelas. Penyebutan indikator ini ada pada metodelogi penelitian. Karena teramat pentingnya peran indikator, sehingga perlu dijabarkan dalam suatu operasionalisasi variabel penelitian. Operasionalisasi variabel inilah yang akan menentukan data-data apa saja yang diperlukan peneliti selama melaksanakan penelitian.

Lalu, apakah indikator itu? Banyak sekali versi pengertian dari indikator baik yang disebutkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) maupun pengertiannya menurut para ahli. Walaupun semuanya menyepakati bahwa indikator termasuk salah satu nomina (kata benda, noun). Indikator merupakan variabel kendali yang bisa dipakai mengukur perubahan yang terjadi kepada suatu kejadian maupun kegiatan.

Ada juga yang mengatakan bahwa indikator merupakan karakteristik, ciri-ciri atau ukuran yang menunjukkan perubahan yang terjadi pada suatu bidang tertentu. Oleh karena itu, indikator bisa dipakai dalam mengevaluasi keadaan. Serta memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Baca juga artikel kami lainya mengenai: redakan nyeri saat haid dengan berolahraga

Memang sih, keseluruhan kondisi atau keadaan variabel tidak bisa selalu dijelaskan oleh indikator. Akan tetapi, indikator dapat memberikan petunjuk maupun indikasi mengenai kondisi keseluruhan sebagai pendugaan atau hipotesis. Setelah membaca paparan di atas, pengertian dan penjelasan indikator menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) serta para ahli.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, indikator disebut sebagai kata benda (n.), artinya adalah sesuatu yang dapat memberikan (menjadi) pe-tunjuk atau keterangan: seseorang yang akan melakukan suatu pekerjaan sebaiknya menggunakan – yang sudah ada; kenaikan harga dapat menjadi indikator adanya inflasi. Istilah lain dari indikator menurut tesaurus adalah indeks, parameter, penanda, penunjuk.

Sedangkan Departemen Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Amerika Serikat pada tahun 1969, menyebutkan bahwa indikator ialah statistik dari hal normatif yang menjadi perhatian kita yang dapat membantu kita dalam membuat penilaian yang komprehensif, ringkas dan berimbang terhadap kondisi-kondisi atau aspek-aspek penting dari suatu masyarakat.

Indikator yaitu variabel yang kita gunakan untuk membantu dalam melakukan kegiatan pengukuran bermacam-macam perubahan yang terjadi baik langsung ataupun tidak langsung. (WHO, tahun 1981)

Pengertian lain dari indikator merupakan variabel – variabel yang bisa menunjukkan ataupun mengindikasikan kepada penggunanya mengenai sesuatu kondisi tertentu, sehingga bisa dipakai untuk mengukur perubahan yang terjadi. (Green, 1992)

Pada tahun 1993, Wilson & Sapanuchart menyebutkan indikator adalah suatu ukuran tidak langsung dari suatu kejadian atau kondisi.

Indikator adalah ciri atau tanda yang menunjukkan siswa telah mampu memenuhi standar kompetensi yang diterapkan atau berlaku. Ini adalah arti indikator menurut Darwin Syah.

Sedangkan situs judi online sebagaimana dikutip dari Buku Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan di Kabupaten/Kota – Kemenkes RI 2004, menyebutkan bahwa indikator adalah variabel yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keadaan atau status dan memungkinkan dilakukannya pengukuran terhadap perubahan-perubahan yang terjadi dari waktu ke waktu.

Suatu indikator disebut sebagai indikator yang baik apabila dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut: simple, measurable, attributable, reliable, dan timely atau disingkat sebagai SMART.

Jangan bingung lagi dalam menyusun operasionalisasi variabel, proposal maupun laporan penelitian ilmiah. Semoga saja penjelasan mengenai pengertian indikator di atas dapat bermanfaat.

Sumber : https://www.zonareferensi.com/pengertian-indikator/

Sidebar