Informasi Lengkap Mengenai Ibukota Indonesia, Jakarta

Informasi Lengkap Mengenai Ibukota Indonesia, Jakarta

Informasi Lengkap Mengenai Ibukota Indonesia, Jakarta

Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia sekaligus merupakan ibukota dari Negara Indonesia. Informasi yang di dapat wikimedia Bahkan karena sangat besar Jakarta adalah satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setara dengan sebuah provinsi. Sebelum terkenal dengan nama yang sekarang ini, wilayah Jakarta terkenal dengan nama Sunda Kelapa, lalu berganti menjadi Jayakarta dan berganti lagi menjadi Batavia. Di dunia internasional Jakarta memiliki julukan sebagai J-Town.

Informasi Lengkap Mengenai Ibukota Indonesia, Jakarta

Sejarah

Nama Jakarta sudah digunakan sejak tahun 1945 sampai saat ini, di tahun 1959 yang dulunya Djakarta merupakan sebuah kotapraja berubah status menjadi daerah tingkat satu di bawah pimpinan seorang gubernur. Gubernur pertama DKI adalah seorang dokter tentara yang diangkat langsung oleh presiden Sukarno dan pada tahun 1961 status Djakarta yang dulunya merupakan Daerah Tingkat Satu menjadi DKI (Daerah Khusus Ibukota).

Ekonomi

Daerah yang memiliki luas total 7.659,02 km persegi ini memiliki kepadatan penduduk 15.052,84/km persegi dengan pertumbuhan ekonomi yang sangat pesat. Bahkan sebesar 70% perputaran uang negara ada di Jakarta. Beberapa sektor yang menunjang perekonomian Jakarta antara lain adalah sektor properti, sektor jasa, sektor keuangan dan sektor industri kreatif. Kawasan yang menjadi pusat perdagangan terbesar di Jakarta antara lain adalah Glodok dan juga Tanah Abang.

Pendapatan per kapita warga Jakarta di tahun 2012 untuk kalangan menengah atas tergolong besar yakni Rp 240,62 juta per tahun sedangkan kalangan menengah ke bawah Rp 110,46 juta per tahun.

Baca juga artikel kami mengenai sejarah mengenai suku betawi di jawa barat

Geografi

Wilayah yang kini dipimpin oleh Gubernur Anis Baswedan dan wakilnya Sandiaga Uno ini terletak di sisi utara Pulau Jawa, Teluk Jakarta dan muara Ciliwung. Jakarta terletak sekitar 8 meter dpl sehingga termasuk dalam kawasan dataran rendah. Tentu saja kondisi alam ini membuat Jakarta sering kali mengalami musibahh banjir. Hal ini ditunjang dengan kawasan selatan sebelah kota Jakarta yang memiliki curah hujan cukup tinggi karena merupakan kawasan pegunungan. Ciliwung adalah sungai terpajang di Jakarta.

Bagian barat kota Jakarta berbatasan dengan provinsi Banten sedangkan bagian timur dan selatan kota Jakarta berbatasan dengan provinsi Jawa Barat.

Sumber: http://jakarta.go.id/

Sidebar