Rempah Pala Khas Indonesia, Laris di Dunia

Rempah Pala Khas Indonesia, Laris di Dunia

Rempah Pala Khas Indonesia, Laris di Dunia

Salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang akan wikimedia bahas yaitu Pala kini rupanya menjadi komoditas yang sangat laris di pasar Internasional terutama Eropa. Bahkan menurut Darwin Muksin yaitu seorang Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut, ia berkata bahwa pada tahun 2018 pala akan ditingkatkan produksinya di Sulut karena permintaan dari negara-negara Eropa terus berdatangan.

Bahkan menurutnya, setiap bulan pengiriman biji pala dan fuli ke Belanda, Italia, Inggris, hingga Jerman cenderung terus meningkat. Karena itu, ia juga berharap ke depannya tidak hanya kualitas namun juga kuantitas ekspor pala akan lebih di tingkatkan lagi. Termasuk juga produk turunan dari biji pala ini.

Memang perlu diakui bahwa sejak dulu, pala merupakan salah satu rempah-rempah yang selalu jadi produk yang menjadi rebutan dan istimewa di negara-negara Eropa. Tentunya dengan meningkatnya ekspor pala ini maka Indonesia akan memperoleh banyak devisa yang pastinya menguntungkan.

Mengenal lebih Jauh Tentang Pala

Pengertian Pala

Bahasa ilmiah buah pala adalah Myristica fragrans. Buah pala ini juga sudah menjadi komoditas perdagangan utama sejak dulu kala. Dulu pala ini dibawa olah para pendagang dari Arab, Portugis, dan Spanyol ke seluruh dunia hingga menyebar juga ke Indonesia.

Buah Pala ini adalah bumbu banyak sekali jenis masakan. Karena nyaris setiap resep masakan menggunakan pala inilah barangkali membuat pala menjadi rempah yang amat dibutuhkan orang. Terlebih makanan yang menggunakan pala tidak hanya makanan dari Indonesia, namun juga makanan dari berbagai penjuru dunia seperti eropa, china, australia, hingga Italia dan aneka negara lainnya.

Manfaat Pala

Buah pala selain sebagai bumbu yang penting dalam memasak, rupanya memiliki banyak manfaat penting, terutama di bidang kesehatan. Diantaranya buah pala ini pada kulit dan dagingnya memiliki kandungan minyak Atsiri dan zat Samak. Sedangkan untuk bunga buah pala memiliki kandungan zat pati, lalu untuk bagian biji mengandung Atsiri, Miristisin, Enzim Lipase, Lemonela, Saponin, Pektin, dan juga asam oleanolat yang penting bagi manusia.

Buah yang banyak kandungan zat bermanfaatnya ini bisa digunakan untuk mengobati masuk angin, susah tidur, rematik, memperlancar pencernaan, hingga meningkatkan selera makan, mengatasi mual, dan juga meringankan nyeri haid.

Demikian Informasi mengenai biji pala atau Myristica fragrans. Karena Indonesia merupakan bangsa yang menghasilkan buah pala paling banyak di Asia, kita haruslah bangga. Karena bisa jadi seorang chef besar di dunia yang amat terkenal juga menggunakan pala dari Indonesia untuk masakannya.

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180117081125-262-269486/rempah-pala-indonesia-laris-manis-di-eropa
BUAH PALA BIJI AJAIB DARI NUSANTARA

Mungkin anda tertarik membaca artikel kami mengenai informasi lengkap mengenai ibu kota indonesia jakarta

Sidebar