Moda Transportasi Masa Kini, Transjakarta

Moda Transportasi Masa Kini, Transjakarta

Moda Transportasi Masa Kini, Transjakarta

Transjakrata merupakan nama dari sistem transportasi untuk sebuah bus rapid transit di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Di Jakarta, Transjakarta sudah mulai beroperasi sejak tahun 2004 silam. Transjakarta hadir untuk mengimbangi aktivitas kota Jakarta yang terbilang padat. Dengan jumlah stasiun BRT yang mencapai 242 buah, Transjakarta didukung oleh jalur lintasan sepanjang 208 km sehingga menjadikannya sebagai jalur lintasan terpanjang di dunia untuk sebuah sistem BRT.

Moda Transportasi Masa Kini, Transjakarta

Sejarah

Proyek ini sudah ada sejak Jakarta masih berada di bawah kepemimpinan Gubernur Sutiyoso. Namun sebenarnya Sutiyoso hanya meneruskan ide yang di gagas tahun 2001.ITDP adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan proyek transjakarta. Konsep awal dari proyek transjakarta ditangani oleh PT Pamintori Cipta dan didukung oleh UI-CTS serta USAID.

Koridor 1 transjakarta diresmikan pada tanggal 15 Januari tahun 2004 dengan tujuan untuk memberikan moda transportasi yang cepat, nyaman dan hemat untuk warga masyarakat Jakarta.

Tiket dan Tarif

Sejak tahun 2013, transjakarta sudah memberlakukan kartu elektronik untuk menggantikan uang tunai sebagai cara pembayarannya. Bank merupakan pihak yang berwenang mengeluarkan kartu elektronik ini. Beberapa bank yang terlibat dalam hal ini antara lain adalah Bank BCA, Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri, Bank DKI dan Bank Mega.

Kartu Tiket bisa dibeli di seluruh stasiun BRT dengan harga Rp 40.000 sedangkan pengisian saldo bisa dilakukan di bank-bank terkait, stasiun BRT ataupun di mesin ATM. Tarif dari transjakarta ini untuk pukul 5 pagi hingga 7 pagi hanya Rp 2000 dan pukul 7 hingga pukul 10 malam sebesar Rp 3.500. murah nya biaya tiket ini disebabkan karena adanya subsidi dari pihak pemerintah provinsi DKI.

Penumpang

Transjakarta didirikan dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan karena banyaknya orang yang memilih menggunakan mobil pribadi karena alasan kenyamanan. Pada jam-jam sibuk transjakarta akan dipadati oleh penumpang yang sebagian besar adalah kalangan menengah ke bawah. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan program pemerintah yang mendirikan transjakarta untuk memikat hati para pengguna mobil pribadi agar beralih ke angkutan umum agar mengurangi kemacetan.

Baca juga artikel kami mengenai: pengertian gadget

Sumber: https://transjakarta.co.id/tentang-transjakarta/sejarah/

Sidebar