Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan & Kecantikan

Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel beli dimana yang kaya manfaat. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.

Walaupun masih termasuk dalam jenis cuka, cuka apel punya perbedaan sangat mencolok dengan cuka putih, salah satunya dari segi manfaat. Cuka apel diketahui tidak mempunyai manfaat, sedangkan cuka apel punya banyak bahan aktif yang berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah, membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak di bagian perut, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Bintik-Bintik yang Muncul Akibat Penuaan
Jika kamu cermat dan rajin mencari bahan dari produk kosmetik dan kecantikanmu, kamu akan menemukan bahwa salah satu unsur yang digunakan adalah Alpha Hydroxy Acid atau AHA. AHA inilah yang menjadi senyawa kimia yang sering kamu tempelkan di wajahmu demi tampil cantik nan mempesona.

Beruntung, senyawa yang sama bisa kamu temukan dalam cuka apel (Apple Cider Vinegar). Tak heran, banyak ahli menyebut bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga kulit cantik terawat bukan hanya mimpi. Selain itu, bekas jerawat pada kulit pun akan memudar dan perlahan-lahan menghilang.

Baca juga: Cara Belajar Bahasa Inggris

Mencegah Kerutan
Untuk kamu yang mulai khawatir dengan kerutan, cobalah menggunakan cuka apel setiap hari pada wajah. Kandungan asam di dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga kamu akan tampil awet muda, mempesona, dan memikat.

Mengecilkan Pori-Pori
Seperti yang sudah disebutkan di atas, cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid alami yang membantu mendorong pembentukan sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, cerah, dan mempesona.

Tak hanya itu, kandungan AHA diketahui mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menjadikan kulit halus ketika disentuh. Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajahmu cerah.

Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari
Liburan di pantai yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu karena masalah kulit terbakar matahari? Atasi masalah sakit dan perih pada kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel.

Kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan kadar pH kulit membantu kamu mengatasi masalah kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, serta mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

Referensi:

Sidebar