Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jasa

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jasa

Sebagai mahluk sosial, manusia tidak bisa hidup sendirian tanpa bantuan manusia lain. Sejak dalam kandungan hingga nanti setelah meninggal dunia, manusia tetap memerlukan bantuan. Bantuan tersebut merupakan jasa yang diberikan dari satu pihak kepada pihak lainnya. Jadi apa hal yang perlu kita ketahui tentang jasa?

Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jasa

Pertama adalah pengertian dan ciri-cirinya. Banyak ahli-ahli ekonomi mencoba mengartikan jasa dan ditulis di berbagai buku, sebut saja Norman (1984), Djaslim Saladin (2004), Mary Jo Bitner dan Valarie A. Zeithaml (2003), Phillip T. Kotler & Kevin Lane Keller (2012), Christopher Lovelock (2007), Adrian Payne, dan Christian Gronross. Bahkan mata kuliah tentang jasa, telah menjadi salah satu mata kuliah wajib yang termasuk dalam kurikulum di setiap Fakultas Ekonomi. Dari aneka pengertian jasa yang disebutkan oleh para cendikiawan di atas, dapat disimpulkan bahwa “jasa adalah interaksi antara dua pihak yang memberikan manfaat tak berwujud tanpa mengakibatkan peralihan hak kepemilikan tetapi dapat memenuhi kebutuhan konsumen.”

Kedua adalah karakteristik jasa. Karakteristik utama tentang jasa yaitu bahwa jasa tidak berwujud (intangibility), tidak terpisahkan dari sumbernya (inseparabilility), berubah-ubah tergantung siapa, kapan dan di mana jasa diberikan (variability), serta mudah lenyap (perishability).

Ketiga yang perlu diketahui adalah jenis-jenis jasa dan contohnya. Kebutuhan manusia secara garis besar bisa diklasifikasikan atas beberapa macam, mulai dari kebutuhan primer, sekunder dan tertier. Penyedia jasa dapat masuk berupa penyediaan perumahan (termasuk perumahan, kostan, apartemen, sewa kamar hotel, motel, dan lain-lain):

Baca juga artikel kami lainya mengenai jasa penulis artikel

1. usaha rumah tangga (termasuk listrik, perawatan dan perbaikan rumah, reparasi alat rumah tangga, pembersihan, air minum, dan lain-lain);
2. rekreasi dan hobi (event organizer tentang kegiatan rekreasi dan hiburan, penyewaan dan separasi peralatan untuk ikut serta dalam kegiatan rekreasi dan hiburan, bioskop, izin gelanggang hiburan, rekreasi dan kesenangan dan lainnya);
3. perawatan pribadi (salon, spa, binatu pakaian);
4. perawatan medis dan kesehatan (rumah sakit, perawatan gigi, laboratorium kesehatan, dan dokter);
5. pendidikan privat dan aneka kursus;
6. jasa bisnis dan profesi lainnya (konsultansi manajemen, jasa hukum, akuntan, dan jasa komputer);
7. asuransi, bank, dan jasa finansial lainnya (asuransi pribadi dan bisnis, jasa kredit dan pinjaman, konsultasi investasi, dan pajak);
8. transportasi (jasa angkutan barang dan penumpang, reparasi, dan penyewaan mobil); dan
9. komunikasi (telegram, telepon, internet, dan komputer).

Terakhir, bagaimana strategi memasarkan perusahaan jasa? Dengan menerapkan strategi pemasaran, diharapkan agar konsumen mengetahui informasi, mengenal produk dan jasa dan tujuan akhirnya dapat memuaskan konsumen yang menggunakan jasanya.

Baca juga artikel kami lainya mengenai redakan nyeri saat haid dengan berolahraga

Beberapa strategi pemasaran secara umum, yaitu meliputi strategi pemasaran eksternal (yang juga dikenal dengan sebutan bauran pemasaran terdiri dari 4P (product, price, place, promotion)), pemasaran internal (peningkatan kualitas, teamwork dan keterampilan personil di perusahaan) dan pemasaran interaktif (interaksi antara personil dengan para konsumen merupakan salah satu penentu kepuasan konsumen). Interaksi personil di perusahaan jasa dengan para pelanggan adalah nyawa dalam strategi pemasaran untuk perusahaan jasa.

Oleh karena itu, memasarkan sebuah jasa memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan produk secara umum. Tidak cukup hanya dengan 4P, Zeithaml dan Bitner menyebutkan bauran pemasaran jasa memiliki tambahan people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process (proses), sehingga dikenal dengan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process).

Semoga artikel tentang jasa yang praktis ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca.

Sumber : http://forum.teropong.id/2017/07/17/pengertian-jasa-ciri-ciri-karakteristik-jenis-jenis-dan-contohnya/ https://sahabatartikel.co.id/

Sidebar