Jenis-jenis Batu Alam

Batu alam merupakan satu dari sekian material yang sering dimanfaatkan masyarakat guna bahan bangunan, khususnya pada proses finishing atau penyelesaian akhir. Penggunaan batu alam dia kini mampu menampilkan kesan alami dan tampilan secara dekoratif sehingga wajar jika banyak diminati di pasaran. Aneka ragam jenis batu alam serta metode pemasangannya salah mampu menghasilkan aneka pola dan penampilan mewah. Tak heran jika batu alam menjadi elemen wajib pada setiap bangunan rumah, mulai dari taman, kamar mandi hingga kolam renang. Berikut ini merupakan jenis-jenis batu alam yang yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Batu Marmer

Batu alam yang satu ini telah banyak dimanfaatkan guna penutup pada penyelesaian akhir dinding atau lantai. Hanya saja harga marmer cukup mahal, wajar saja jika penggunaan batu alam tersebut banyak diaplikasikan pada bangunan atau rumah mewah dengan anggaran biaya konstruksi cukup besar. Perlu Anda garis bawahi, marmer sejatinya sangat sensitif apabila cuaca silih berganti, oleh sebab itu pastikan anda menghindari penggunaan marmer pada bagian rumah yang rentan tergenang oleh hujan serta terpapar oleh panasnya sinar matahari.

Batu Sabak

Slate Stone merupakan istilah lain dari batu Sabak, akan tetapi sering disebut dengan batu kali. Tidak hanya kuat sebagai pondasi, batu Sabak juga dapat dibelah untuk dijadikan lempengan tipis sebagai pelapis lantai maupun dinding. Penggunaan batu Sabak ini secara umum berfungsi sebagai elemen eksterior, seperti halnya pagar, dinding, pilar, taman kering dan kolam.

Batu Andesit

Batu yang satu ini merupakan salah satu batu alam yang paling keras pada umumnya. Hal ini dikarenakan batu andesit mempunyai level porositas kecil sehingga pori-porinya begitu rapat. Batu andesit dapat diperoleh dari gunung berapi dengan ciri-ciri khusus yang dapat dengan mudah anda kenali. Diantaranya yaitu berwarna hitam atau sedikit keabu-abuan. Sejatinya jenis batu ini telah lama digunakan dalam material bangunan. Tak lain hal itu disebabkan batu andesit tidak rentan terhadap serangan lumut dan sangat cocok apabila digunakan untuk memperindah sebuah bangunan.

Batu Granit

Granit merupakan satu dari sekian jenis batu alam yang cukup populer di telinga masyarakat. Hal ini dikarenakan granit sangat cocok apabila difungsikan sebagai pelapis dinding dan lantai. Ada pula yang menggunakannya sebagai pelapis dinding kamar mandi. Penggunaan granit cukup populer dikarenakan mampu menciptakan nuansa segar dan alami. Karakteristik yang paling menguntungkan adalah tahan terhadap suhu tinggi sehingga sangat cocok juga apabila difungsikan sebagai permukaan dinding lantai dapur.

Batu Palimanan

Sejalan dengan namanya, batuan ini hanya ditemukan di daerah Cirebon, tepatnya Palimanan. Batu alam yang satu ini sangat cocok apabila di aplikasikan sebagai bidang eksterior dan interior sebuah bangunan. Karakteristik dari batu Palimanan yang paling mencolok adalah warna terang dan permukaannya berpori. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan apabila pemasangan telah selesai anda segera memberi lapisan batuan alam atau coating agar rumput atau lumut tidak tumbuh.

Demikian ulasan seputar batu alam yang kami sajikan. Untuk harga dari batuan alam tersebut dan sangat bervariatif, anda dapat memperolehnya melalui Sukabumi Stone Supplier.

Sumber :

Sidebar