Pengertian Benih dan Bibit Tanaman

Tak sedikit di antara kita yang masih bingung membedakan antara bibit dan benih. Maka tak heran jika seseorang mencari benih namun yang diucapkan adalah bibit, begitu juga sebaliknya ketika seseorang mencari toko jual bibit maka yang diucapkannya adalah benih. Hal yang semacam ini tentu saja akan menjadi miskomunikasi antara penjual dan pembeli. Berikut ini kami berikan rincian antara perbedaan benih dan bibit tanaman.

Benih merupakan sebuah calon tanaman berupa biji yang telah diolah untuk kemudian dijadikan sebagai tanaman vegetatif atau perkembangbiakan. Sejatinya benih tanaman ini terdapat ragam varian yang berbeda. Sementara untuk benih tanaman dengan kualitas cukup baik adalah benih F1 atau seringkali disebut dengan hibrida. Saat ini Anda tidak akan kesulitan apabila hendak mencari benih jenis hibrida. Anda hanya cukup datang ke supplier benih unggul. Salah satunya adalah di daerah Kediri yang mana menjual benih berkualitas hibrida.

Sementara bibit merupakan sebuah calon tanaman yang telah melalui masa penyemaian, apabila telah berdaun maka tanaman sudah dapat ditanam pada suatu lahan. Dalam artian, tanaman tersebut telah berbentuk dan sudah bukan merupakan biji lagi. Penggunaan bibit pada proses penanaman seringkali pada tanaman yang memiliki usia cukup panjang. Seperti buah mangga, buah durian, sawo, dan aneka jenis buah yang lain.

Aneka tahapan proses pada pembuatan bibit unggul sejenis hibrida, apabila semakin bagus dari bibit yang dihasilkan semakin sulit pula proses pembuatannya. Oleh sebab itu diperlukan pengawasan khusus dalam memperoleh bibit hibrida berkualitas, hal ini dilakukan oleh pihak-pihak tertentu yang sudah berpengalaman dan memiliki kecukupan ilmu.

Bukan sebuah hal yang mengherankan apabila bibit berkualitas unggul memiliki harga yang lebih mahal, meski demikian para pembeli tidak merasa rugi karena hasil yang akan didapat tentu saja jauh lebih maksimal jika dibandingkan dengan bibit biasa. Walau demikian pengawasan merupakan hal yang paling utama dalam memperoleh hasil tanaman lebih bagus. Pengawasan yang optimal tentu saja tidak membutuhkan biaya yang sedikit, inilah yang menjadi alasan mengapa bibit jenis hibrida sangat jarang ditemukan di Indonesia. Kecuali jika budidaya terhadap bibit tersebut dilakukan oleh orang-orang yang sudah mahir dalam bidangnya. Seperti pada situs tamanbibit.com, yang mana anda dapat melakukan peninjauan di lapangan untuk melihat kualitasnya secara langsung.

Sumber: https://www.inspirasipertanian.com/2016/10/pengertian-benih-dan-bibit-tanaman.html

Sidebar