Pengertian Media Periklanan (Advertising)

Pada era yang serba menampilkan produk saat ini, tak dapat dipungkiri jika keberadaan iklan memasarkan produk sangatlah penting. Seiring berjalannya waktu, iklan dibuat semakin menarik agar dapat memikat daya beli para calon konsumen atau pembeli. Dalam perjalanannya jasa pemasangan iklan mulai banyak bertebaran dalam menghadirkan bentuk serta pelayanannya. Mulai dari jasa pemasangan iklan digital, jasa pembuatan papan iklan reklame dan masih banyak lagi. Dalam ulasan kali ini kita akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan iklan atau advertising. Lebih lengkapnya akan dibahas pada sub bab yang ada di bawah ini.

Pengertian Advertising

Advertising merupakan suatu penyajian pesan atau konten yang memiliki sifat persuasif terhadap masyarakat menggunakan jalur media massa dengan tujuan agar produk atau jasa yang diiklankan dapat terjual kepada masyarakat luas. Advertising merupakan jasa periklanan yang mampu mengekspresikan nilai produk kepada para konsumen sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Tak heran jika saat ini telah banyak saingan dari beberapa perusahaan yang memiliki kesamaan produk. Mereka saling berlomba-lomba dalam menghadirkan penawaran yang mampu memikat daya beli masyarakat. Seperti mulai dari pengemasannya, harga yang ditawarkan serta manfaat Apa sajakah yang diperoleh setelah menggunakan atau mengkonsumsi produk atau jasa tersebut. Memang benar jika bidang Advertising ini tidak lepas dari yang namanya ide-ide kreatif. Proses pembuatan iklan yang menarik terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus menganalisa terlebih dahulu dimanakah letak kekuatan produk yang bisa ditonjolkan secara out of the box.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jasa

Hari ini, keberadaan Advertising tidak hanya dibutuhkan oleh para pengusaha yang telah sukses dalam membangun dan memasarkan produknya. Akan tetapi, adapun beberapa pengusaha yang baru saja merintis usahanya menggunakan jasa Advertising untuk menggebrak potensi pasar sehingga produknya dapat dikenal luas oleh masyarakat.

Contoh Media Advertising / Media Periklanan

Beberapa advertising yang sering kali digunakan oleh perusahaan mulai dari kecil hingga terbesar di antaranya adalah sebagai berikut:

Billboard

Suatu poster berukuran besar yang berfungsi sebagai media promosi luar ruangan atau outdoor. Pemasangannya harus diletakkan pada tiang tinggi agar dapat disorot oleh mata publik.

Huruf / Letter Timbul

Advertising yang menggunakan huruf timbul ini membentuk tiga dimensi yang dapat dipasang pada dinding. Agar menarik mata publik, maka di dalamnya terdapat lampu LED sehingga dapat bersinar di malam hari.

Lightbox

Penggunaan lightbox ini banyak diaplikasikan pada beberapa tempat yang memiliki potensi keramaian cukup tinggi, seperti pada halte bus. Desain lightbox biasanya dibuat semenarik mungkin agar dapat menyita perhatian masyarakat saat sedang hilir mudik.

Neon Box

Merupakan salah satu media periklanan yang memanfaatkan Flexi backlite digital printing, akrilik serta cutting sticker. Fisik yang ada pada neonbox ini hampir serupa dengan lampu neon pada umumnya.

Totem / Pylon sign

Merupakan salah satu media periklanan yang memiliki bentuk berupa menjulang ke atas. Biasanya Totem ditempatkan pada pintu gerbang di sejumlah perusahaan tertentu.

Sidebar