Kaca Tempered: Keunggulan dan Kelemahan

Kaca tempered berupakan kaca yang telah dijelaskan dengan cara memanaskan kaca pada umumnya sehingga memperoleh suhu hingga 700 derajat celcius. Setelah itu, kaca akan diproses dengan pendinginan secara langsung, caranya dengan menempatkan udara secara menyeluruh pada sisi depan dan belakang permukaan kaca. Oleh karena itu, dalam tahap ini terdapat perubahan pada fisik kaca yang berasal dari gaya tekan serta gaya tarik komponen tersebut, namun secara visual sejatinya masih sama.

Kaca tempered memiliki tingkat kekuatan yang sangat kuat, namun hal tersebut bukan berarti bahwa komponen ini tidak mudah pecah. Jenis kaca ini mampu bertahan terhadap benturan 5 kali lebih kuat jika dibandingkan dengan kaca biasa. Namun, hal ini akan berbeda jika kaca tempered terkena goresan. Salah satu jenis kata ini akan mengalami pecah apabila terkena goresan amat dalam, meskipun tergores secara tidak langsung. Kaca tempered yang tergores akan mudah mengalami pecah seiring berjalannya waktu.

Hal ini dikarenakan retakan kecil pada kaca perlahan menyebar hingga ke seluruh bagian dan mengakibatkan pecah. Kaca tempered memiliki tingkat keseimbangan yang unggul, mulai dari kekuatan tekan sampai daya tarik yang dimiliki. Oleh sebab itu, pastikan anda tidak lupa tentu kaca tempered dengan memotong dan lain sejenisnya pasca kaca telah melalui proses penempaan di Jasa Kaca Tempered (Partisi Kaca, Shower Box, dsb) Bergaransi! Pastikan dimensi serta spesifikasi yang dibutuhkan sedari awal.

Baca juga: Fungsi Kaca Film untuk Mobil dan Gedung

Dalam melakukan pemeliharaan pada kaca tempered sejatinya tidak begitu rumit. Seperti halnya membersihkan kaca jendela yang ada di rumah, cukup dengan menggunakan sabun pembersih serta kain kering untuk mengelap kaca.

Keuntungan Menggunakan Kaca Tempered

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa kaca tempered merupakan bahan yang bersifat transparan, bening alias tembus cahaya dan mampu melihat benda-benda yang ada dibaliknya. Kaca dapat meningkatkan keindahan suatu objek dan bangunan karena memiliki efek pantulan cahaya.

Perbedaan Kaca Tempered dan Kaca Biasa

Pada kaca tempered yang asli biasanya terdapat stiker di sudut yang berdasarkan nama atau logo pabrikannya. Karakteristik pada stiker kaca tempered tersebut adalah sulit untuk dilepas atau dihapus. Kaca tempered akan memperlihatkan garis hitam pudar pada bagian permukaanya saat terpapar oleh sinar ultraviolet matahari. Jika diamati dari sudut 45 derajat, warna pelangi akan terlihat saat cahaya mengarah langsung pada kaca tempered. Apabila kaca tempered pecah, maka hanya akan menjadi butiran yang tidak begitu tajam

Kekurangan Kaca Tempered

Meski dikenal banyak memiliki keunggulan, namun bukan berarti jenis kaca ini lepas dari yang namanya kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan pada kaca tempered yang biasanya terjadi pasca pemasangan.

Kaca tempered sangat sulit atau tidak mungkin untuk dipotong. Hal inilah yang memaksa para pengguna untuk menggunakan ukuran tetap karena tidak bisa diubah. Apabila Anda mencoba untuk memotong kaca tempered tersebut, maka hampir dipastikan kaca akan mengalami kehancuran. Disamping itu, kaca tempered juga memakan banyak waktu dalam proses produksinya, kurang lebih 4 sampai 7 hari kerja. Adapun resiko-resiko lainnya yang dapat membuat kaca ini mudah pecah secara menyebar apabila bentuknya dirubah. Namun jika Anda mengetahui cara penggunaannya maka tidak ada masalah.

Sumber:

Sidebar